Senar Gitar

Senar gitar ibarat tali kehidupan. Sebagus-bagusnya desain gitar, gitar itu tidak akan berbunyi kalau tanpa senar. Enam utas senar gitar yang membentang dari ujung neck hingga ke bodi itu merupakan sumber suara yang membuat sebuah gitar enak untuk dimainkan.

Senar dalam gitar dibagi dua, yakni senar yang terbuat dari logam, dan nilon. Mana yang lebih baik, senar berbahan nilon, atau senar berbahan logam? Tidak ada yang bisa memastikan karena ternyata keduanya sama-sama memiliki kelebihan. Jadi tergantung pemakaiannya, senar itu untuk gitar klasik, atau gitar elektrik. Juga bisa tergantung pada kebiasaan seseorang menggunakan senar.

Senar nilon biasanya digunakan untuk gitar klasik, sedangkan senar nilon biasa digunakan untuk gitar elektrik yang dalam permainannya kaya efek melodi. Untuk membuktikannya coba saja senar nilon dipasang di gitar elektrik, begitu juga sebaliknya. Setelah mencobanya pasti akan terasa perbedaannya.

Banyak sekali merek-merek senar gitar yang dijual di pasar. Untuk memastikan senar mana yang akan dibeli sebaiknya pastikan dulu keungannya cukup atau tidak. Senar gitar selain terbagi dari bahannya, juga tergantung dari harga yang ditawarkan pabrikan yang memproduksi senar tersebut.

Salah satu produsen senar yang terbesar adalah D’Addario. Bepusat di Farmingdale, Long Island, New York, merupakan bisnis milik keluarga. Tak hanya memproduksi string untuk mereka D’Addarrio, tapi juga memproduksi string untuk merek lain.

Mereka juga memproduksi dan mendistribusikan aksesori musik lainnya di bawah perusahaan Planet Waves (kabel gitar, tuner, tali, panduan, produk humidifikasi, kain dan aksesori lainnya), Evans Drumheads (drumheads), Puresound dan HQ Percussion (Snare kabel Premium / Praktice Pads dan Drum Mutes), dan Rico Reeds.

Selain senar D’Addario ada juga mereka lain seperti Dean Markley, Ernie Ball, Fender, Gibson Guitar Strings, Martin Guitar Strings, dll. Ada juga merek-merek local.

Biasanya harga senar akan berpengaruh pada mutu. Senar yang harganya murah tidak akan bertahan lama. Kalau senar logam biasanya cepat aus, sedangkan senar dari nilon kepegasannya akan cepat berkurang yang menyebabkan suara yang dihasilkan tidak maksimal.

Selain mutu, harga juga ditentukan oleh pabrikan yang membuat senar itu. Yamaha misalnya memiliki harga yang berbeda dengan senar bermerek Pyramid, Fender, atau D’Addario. Masing-masing senar yang ditawarkan memiliki kelebihan masing-masing. Tingkatan harganya pun disesuaikan dengan mutu masing-masing senar.

Beberapa contoh harga yang ditawarkan oleh pabrikan senar terkenal, D’Addario Pro Arte misalnya (mungkin juga sudah berubah) menawarkan harga senar Rp 140 ribu hingga Rp 200 ribu. Mereka Savarez yang biasa digunakan untuk gitar klasik menawarkan harga mulai dari Rp 180 ribu hingga Rp 350 ribuan. Merek lainnya seperti senar nilon Hannabach harganya antara Rp 200 ribu dan 500 ribuan. Adapun merek  LaBella, salah satu senar nilon terbaik harganya bisa mencapai Rp 1.000.000.

Senar memiliki ukuran sendiri, ada senar tipis ada senar tebal. Ukuran dalam senar logam disebut “Gauge”, yang menggambarkan ketebalan dari sebuah senar baja. Senar logam terdiri dari ukuran gauge yang ringan tipis (Lights Gauge) sampai gauge yang tebal.

Senar gitar sekarang tidak hanya terbut dari logam dan nilon. Sekarang senar ada yang terbuat dari gabungan sutra dan baja (Silk & Steel). Senar berbahan ini suaranya sangat jelas (bright). Senar ini sangat memudahkan permainan kord-kord susah di fret gitar.

Anda jika akan membeli senar sebaiknya membelinya sekaligus, yakni membeli senar 1-6. Membeli secara eceran bisa menyulitkan Anda saat memainkan gitar Anda. Akan  ada perasaan aneh ketika memegang senaryang baru dengan senar yang lama. Ketika akan menggantinya juga sebaiknya sekaligus. Dengan cara membeli sekaligus juga harganya akan lebih murah ketimbang membeli secara eceran.

Sebenarnya kekuatan senar itu ada batasnya. Konon senar bisa bertahan dengan masa pakai gitar antara 15 dan 30 jam. Jadi senar gitar jenis apapun akan tergantung pemakaian Anda, dan cara memeliharanya. Senar yang tidak dipelihara akan menyebabkan senar tersebut cepat rusak apapun mereknya. Jika senar gitar tidak dipelihara akan cepat aus, dan akan sakit pada jari ketika digunakan.

Berikut senar yang dijual di amazon.com: D’Addario EJ16-3D Phosphor Bronze Acoustic Guitar Strings, Light, 3 Sets, Ernie Ball Regular Slinky String Set (10 – 46), M140 80/20 Bronze Acoustic Guitar Strings, Light, D’Addario EXL110 Nickel Wound Electric Guitar Strings, Regular Light, 10-46, D’Addario EJ27N Student Nylon Classical Guitar Strings, Normal Tension, Elixir Light Nanoweb 80/20 Bronze Acoustic Guitar Strings, 6 & 12 String Guitar, Guitar String Bracelet. Rockin’ 50-strand Bracelet in Elegant Organza Pouch!, dan D’Addario EXL110W Nickel Wound Electric Guitar Strings, Regular Light, Wound 3rd, 10-46. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight × 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>