PDF Gitar

Hubungan Partitur dengan PDF Gitar

Apa hubungannya PDF (Portable Document Format) dengan gitar (PDF GItar)? Selintas memang seperti bertolak belakang. PDF lebih pada perangkat untuk cetak mencetak digital, sedangkan gitar sangat berkaitan erat dengan musik. Tapi kalau ditelusuri PDF dan gitar sangat bisa melengkapi.

Pada era digital ini, ebook temanya tentang apapun sudah banyak beredar di dunia maya. Termasuk juga partitur. Partitur adalah komposisi musik yang tertulis dalam sebuah dokumen. Dulu partitur ditulis atau dicetak dalam sehelai kertas. Sekarang agar partitur itu bisa dibaca lewat komputer bentuknya harus digital. Maka sekarang banyak partitur yang berformat PDF di dunia maya.

Apakah itu PDF? PDF merupakan format file untuk dokumen yang di dalamnya mencakup fixed-layout, termasuk teks, font, grafis, dan informasi. PDF dibuat oleh Adobe Systems pada 1993. PDF ini dibuat  untuk keperluan pertukaran dokumen digital, seperti lewat email, FTP, atau yang lainnya.

Selain format PDF, Adobe System mengeluarkan perangkat lunak yang bernama Acrobat Reader. Lewat perangkat ini orang bisa membaca, memberi notasi, mencari, verifikasi, menandai secara digital dan mencetak data dengan format PDF.

Begitu selintas mengenai PDF, selanjutnya kita akan membahas apa itu partitur. Seperti yang telah disebutkan di atas, partitur adalah komposisi musik yang tertulis dalam sebuah dokumen.

Dalam musik ada istilah notasi musik yang bisa diartikan sebagai sebuah sistem penulisan karya musik. Di dalamnya terdapat nada-nada yang dilambangkan oleh not. Istilah nada dan not kadang artinya dianggap sama saja. Kemudian tulisan-tulisan musik tersebut biasa disebut partitur.

Partitur yang banyak ditemui biasanya berupa not balok. Pemakaian not balok dalam notasi musik  diawali oleh penemuan Paus Agung Gregori pada 590, yang dinamai Notasi Gregorian. Notasi ini belum ada panjang nadanya, tapi masih mengandalkan perasaan penyanyi.

Selain not balok ada juga yang menuliskannya di notasi musik dengan not angka. Not angka biasanya digunakan di negara-negara Asia seperti India, Indonesia, dan Cina.   Notasi angka notnya dilambangkan dengan angka 1 sampai dengan 7, seperti  1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la) dan 7 (si).

Dalam partitur tidak hanya terdiri dari not-not saja, banyak sekali simbol-simbol yang harus diingat, dan dipelajari. Dan itu tidak hanya berlaku untuk not balok, tapi juga dalam not angka. Termasuk juga ada chord gitar di atas not-not tersebut.

Membaca partitur jika tidak terbiasa memang sangat menjengkelkan. Tapi, jika Anda sudah paham, dan terbiasa, selanjutnya tidak akan kesulitan memainkan lagu-lagu. Anda juga bisa bergabung dengan orchestra untuk memainkan sebuah lagu klasik.  Biasanya para pemain orchestra berbekal partitur saat melakukan sebuah konser.

Di internet sekarang banyak beredar tulisan chord dan lirik dari penyanyi dan grup band yang tersohor dalam bentuk PDF. Bagi yang sedang belajar bermain gitar tentu ini sangat bermanfaat. Kita bisa mengetahui chord lagu kesenangan kita. Namun sayang kebanyakan dari tulisan tersebut biasanya tanpa not balok, atau not angka. Chord dan lirik tersebut seperti partitur yang tidak lengkap karena tidak ada not-notnya.

Untuk  mempelajari sebuah lagu secara utuh sebaiknya kita membacanya dalam sebuah partitur yang lengkap. Memang akan terasa sulit membacanya, tapi akan terasa beda memainkannya dengan hanya bisa karena melihat permainan orang, atau berdasarkan perasaan saja. Musik yang Anda mainkan bisa lebih sempurna, dan mungkin bisa  terdengar lebih indah dari gitaris yang hanya mengandalkan perasaan saja.

Perasaan, pengalaman, dan teori jika dipadukan akan mendukung proses belajar kita. Awalnya mempelajari teori, seperti belajar membaca partitur, akan terasa sangat lambat. Tapi lambar laun setelah bisa membaca partitur proses belajar Anda selanjutnya akan terasa cepat. Tanpa terasa Anda sudah menjadi gitaris yang professional.

Belajar otodidak tidak salah. Namun, sekali lagi belajar secara otodidak akan terasa “sempurna” jika dibarengi dengan pengetahuan Anda tentang music. Di kalangan pemusik masih banyak yang merasa enggan untuk membaca, dan belajar partitur. Padahal bisa membaca partitur bagi gitaris, atau pemusik instrument akan sangat mendukung dalam perjalanan kariernya ke depan.

Bagi yang sedang belajar gitar selain mempelajari tabulatur, sudah seharusnya juga belajar partitur.

Selamat mencoba, dan semoga beruntung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five × = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>