Kunci Kunci Gitar Bass

Cara Menghafal Kunci Kunci Gitar Bass

Pada dasarnya kunci gitar biasa dengan kunci kunci gitar bass tidak berbeda. Di setiap fret dalam sebuah bass mengandung satu not.  Coba saja bunyikan mulai dari fret 0 hingga fret yang terakhir. Bunyinya memang tidak beraturan, namun itulah sebetulnya kunci-kunci bass yang harus Anda hafal, terutama sekali fret 1 hingga 7 pada dua senar paling atas.

Perlu dijelasakan dalam sebuah tangga nada itu memiliki jarak antarnot atau pola interval. Misalnya untuk nada dasar (skala atau scale) C Mayor pola intervalnya sebagai berikut  1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½. Berarti skala C Mayor memiliki not-not sebagai berikut, C(do), D(re), E(mi), F(fa), G(sol), A(la), B(ti), C(do). Begitu seterusnya, nada dasar D misalnya  akan memiliki not-not yang sedikit berbeda dengan not-not yang berada di nada dasar C. Ini adalah not-not nada dasar D: D E F# G A B C# D.

Jadi sebetulnya yang paling gampang untuk menghafal not-not dalam sebuah nada dasar adalah hafal dulu pola interval. Pola interval dalam skala dengan skala yang lain juga memiliki perbedaan. Pola interval skala Major misalnya memiliki perbedaan dengan skala Minor.

Pola interval skala Minor adalah sebagai berikut 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1. Sebagai contoh lihat skala A Minor berikut ini: A, B, C, D, E, F, G, A’.  Lihat juga perbedaan skala Minor dengan skala Major dalam pola intervalnya ada perbedaan jarak di not kedua ke not ketiga, dan dari not kelima ke not keenam.

Mari kita coba untuk membuat skala Minor dengan nada dasar C. Seperti telah dijelaskan di atas skala C Mayor adalah   C, D, E, F, G, A, B, C, jika diubah menjadi skala C minor berarti not kedua ke not ketiga jaraknya setengah, dan jarak not kelima ke not keenam  juga setengah, sedangkan jarak not-not lainnya adalah satu maka skala C minor adalah C D Eb F G Ab B C.

Sebetulnya masih ada skala-skala yang lain dalam tangga nada. Untuk mempermudah sebaiknya kita bisa dulu hanya pada skala Major, dan skala Minor. Lalu bagaimana menerapkannya dalam permainan gitar? Sudah dijelaskan di atas jika kita membunyikan senar, dan sebuah fret dipijat jari maka akan terdengar sebuah not. Tentu kalau pijatnya sembarangan not-notnya akan terdengar tidak beraturan. Tapi coba terapkan skala yang telah dijelaskan di atas.

Fret ke fret lain dalam sebuah gitar itu jaraknya dihitung setengah dalam tangga nada. Jadi Anda tinggal mengikuti pola interval skala Major, atau skala Minor. Contohnya begini, anggap saja kita memainkan pola interval C Mayor, yang nada satu ke nada kedua berjarak setengah, berarti kalau dalam gitar Anda harus melalui dua fret. Tentu saja Anda harus sudah hafal di mana not C itu berada dalam sebuah fret gitar.

Coba saja ikuti langkah yang ditandai bulatan hitam. Gambar di bawah ini diibaratkan sebuh bass bersenar empat. Senar yang ada bulat-bulatnya adalah senar dua teratas dari bass kita. Lihat jarak nada dasar C ada di mana. Not C ada di senar kedua fret ketiga. Pola interval skala Mayor adalah sebagai berikut   1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½. Sekarang tinggal jari Anda mengikuti pola interval tersebut.

 
Gambar diambil dari http://stage-of-rock.blogspot.com

Mudah-mudahan penjelasan di atas tidak membuah Anda tambah bingung. Tapi untuk menjadi seorang pemain bass, atau pemain instrument music apapun Anda harus tahu tangga nada, atau scale kalau dalam Bahasa Inggris. Kalau sudah tahu itu, jari Anda tidak akan terlalu sulit diarahkan ke mana ketika memainkan sebuah lagu.

Anda harus terus belajar dan mempraktekkannya untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Keuntungan lainnya kalau rajin berpraktek fingering (permainan jari) Anda akan semakin terlatih, dan tidak kaku lagi. Memang kunci belajar gitar atau bass adalah rajin berlatih. Setelah baca teori langsung praktek.

Demikian penjelasan mengenai cara menghafal kunci kunci gitar bass. Namun sebetulnya penjelasan di atas bisa diterapkan juga pada alat music lainnya.

Selamat mencoba, semoga berhasil, dan beruntung. (*)

One thought on “Kunci Kunci Gitar Bass

  1. DB4551ST

    Gan ga salah tu skala Minornya1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1, bukan seharusnya 1 1 1/2 1 1 1/2 1 1 seperti interval yang agan tulis A, B, C, D, E, F, G, A coba hitung lagi intervalnya baik-baik…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− two = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>