Gitar String

Cara Memilih dan Memelihara Senar Gitar String

Gitar akustik tidak selamanya bersenarkan nilon, tapi ada juga gitar akustik yang bersenarkan baja atau disebut gitar akustik steel string (gitar string). Tentu penggunaanya tergantung pada jenis musik yang dimainkan. Biasanya untuk gitar yang bersenar nilon dimainkan oleh gitaris klasik, sedangkan gitar string untuk gitaris yang beraliran pop, rock, blues, bahkan jazz.

Ketika Anda memutuskan membeli senar kadang kala bingung untuk memutuskan membeli senar baja, atau senar nilon. Keduanya memang memiliki keistimewaan masing-masing. Untuk itu agar tidak bingung sebaiknya pilih senar  yang cocok dengan Anda. Bisa jadi Anda cocok menggunakan senar baja, atau sebaliknya malah lebih cocok menggunakan senar dari nilon.

Senar baja dan senar nilon seperti telah disebutkan di atas memiliki keistimewaan masing-masing. Namun, kalau melihat kecenderungan gitaris sekarang, senar baja biasanya digunakan oleh gitaris yang biasa menggunakan gitar elektrik. Biasanya mereka membawakan lagu-lagu rock, jazz, atau pop, yang memerlukan gitar elektrik.

Adapun senar nilon biasa digunakan para gitaris yang senang bermain gitar menggunakan gitar akustik, yang beraliran klasik. Mereka memang lebih senang menggunakan senar nilon ketimbang senar berbahan baja. Pertimbangannya karena memainkan gitar klasik hanya dipetik. Jarang menggunakan trik-trik khusus seperti tapping.

Bagi pemula yang menginginkan menjadi gitarias andal, Anda bisa menggunakan senar nilon dulu. Senar nilon relatif lebih empuk ketimbang menggunakan senar dari baja. Senar dari baja biasanya membuat jari-jari jadi sakit. Namun itu sebetulnya hanya sementara karena setelah terbiasa sakit di jari-jari akan sembuh dengan sendirinya.

Jenis senar juga akan berpengaruh pada suara gitar. Gitar yang bersenarkan nilon biasanya suaranya lebih halus ketimbang senar baja jika dipetik. Tapi itu juga tergantung pada siapa yang memainkannya. Jika orang itu sudah mahir memainkan gitar, dan sudah terbiasa dengan senar yang biasa dia, senar nilon ataupun senar baja akan terasa bagus terdengarnya.

Untuk pemula sebaiknya Anda harus mencoba senar yang terbuat dari nilon maupun dari baja. Hal tersebut untuk lebih membiasakan jari-jari Anda. Dan ketika Anda harus memainkan gitar yang bukan milik Anda, Anda tidak akan kaku lagi meskipun senar yang digunakan bukan senar kesayangan Anda.

Anda jangan ragu gonta-ganti senar karena pada dasarnya kalau gitar Anda gitar akustik bukan untuk klasik pakai senar apapun bisa. Itu tergantung pada kebiasaan, dan pemeliharaan gitar Anda. Anda juga harus perhatikan Nut gitar (bagian atas gitar yang biasanya berwarna putih) sebelum mengganti senar. Nut adalah bawaan pabrik, jadi kita harus menyesuaikan ketebalan senar pada nut tersebut.

Senar sendiri memiliki ketebalan, dan diameter. Antara senar satu dengan yang lain memiliki ukuran yang berbeda. Untuk senar baja ukuran tersebut disebut Gauge. Senar baja memang terdiri dari ukuran gauge yang ringan (tipis) sampai gauge yang tebal. Lights Gauge (ukuran senar baja yang lebih tipis) sangat direkomendasikan untuk pemula. Senar berukuran tersebut empuk, dan membantu Anda saat belajar chord.

Untuk pengetahuan berikut ini adalah merek-merek senar terkenal yang sering digunakan para gitaris beken. Meski merek terkenal, Anda tetap harus memperhitungkan gitar Anda, dan kebiasaan Anda menggunakan senar jenis apa.

  • D’Addario
  • Dean Markley
  • Ernie Ball
  • Fender
  • Gibson Guitar Strings
  • Martin Guitar Strings
  • Dll

Anda jika akan membeli senar sebaiknya membelinya sekaligus, yakni membeli senar 1-6. Membeli secara eceran bisa menyulitkan Anda saat memainkan gitar Anda. Aka  ada perasaan aneh ketika memegang senar yang baru dengan senar yang lama. Ketika akan menggantinya juga sebaiknya sekaligus.

Senar itu memiliki kekuatan. Senar gitar jenis apapun akan tergantung pemakaian Anda, dan cara memeliharanya. Senar yang tidak dipelihara akan menyebabkan senar tersebut cepat rusak. Lagi pula kekuatan senar itu ada standarnya. Masa pakai senar gitar biasanya antara 15  dan 30 jam.

Agar senar Anda bisa terpakai lama, dan terlihat bagus sebaiknya bersihkan setelah Anda memakainya. Kotoran, dan minyak dari tangan akan menempel di senal. Hal itu akan menyebabkan suara senar tidak merata, dan terdengar tidak enak. Dan tentu saja akan terlihat tidak enak jika senar gitar Anda kotor.

Demikian sekilas tentang senar, dan tips pemeliharaannya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>