Cara Gitar Akustik

Cara Memainkan Gitar Akustik

Secara umum gitar itu ada dua jenis, yang pertama jenis gitar akustik, dan yang kedua gitar elektrik. Cara gitar akustik dan cara memainkan gitar elektrik ada sedikit perbedaan. Gitar akustik cara memainkannya dengan cara dipetik dengan jari. Jarang orang yang memainkan gitar akustik pick untuk memetik senarnya. Sedangkam gitar electric saat memetiknya menggunkan pick, dan juga sering menggunkan strumming technique  untuk memainkannya.

Tetapi pada akhirnya kedua teksni itu bisa digunakan dalam jenis gitar tersebut.  Teknik memainkan gitar jadi tak terlalu penting jika seseorang yang memainkan gitarnya sudah mahir, dan pandai memilih nada-nada yang tepat untuk dibunyikan.

Dalam laman Wikipedia disebutkan gitar akustik adalah jenis gitar yang suaranya berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Kemudian suara di ruang suara beresonansi pada  kayu badan gitar.

Suara gitar akustik dipengaruhi senar, sehingga resonansi pada kayu lebih bisa terdengar lebih nyaring, dan bening. Gitar akustik biasanya memiliki enam senar, tetapi ada beberapa gitar yang jumlah senarnya bisa mecapai tujuh senar, bahkan 12 senar.

Bahan senar yang digunakan biasanya terbuat dari nilon, dan baja. Senar yang terbuat dari nilon kerap digunakan gitar klasik. Gitar akustik sebagian bersar terbuat dari kayu. Jenis kayu juga sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.

Gitar akustik memiliki bagian-bagian seperti berikut: “Headstock” (kepala) (1),   “Nut” (2), Alat Pemutar (3),   Frets (4),   “Neck” (Leher) (7),  Heel (Penghubung) (8),   Badan Gitar (9),  “Bridge” (12),  Bagian Belakang (14),   “Soundboard” (Bagian Penghasil Suara / kotak resonansi) (15),   Bagian Sisi (Samping) (16),   Lubang suara (17),   Senar (18),   “Saddle” (19), dan   “Fretboard” (Fingerboard) (20).

Angka-angka pada kata tiap bagian adalah untuk menunjukkan di mana bagian itu berada pada gambar gitar di bawah ini.

Sumber: Gambar ini diambil dari laman http://id.wikipedia.org/wiki/Gitar_akustik

Jika Anda telah memutuskan untuk belajar akustik belajarlah  secara bersungguh-sungguh. Belajar gitar akustik itu butuh kesabaran, dan membutuhkan proses. Banyak teknik-teknik yang harus dipelajari sehingga Anda benar-benar mahir memainkannya.

Langkah pertama, meski ini tidak terlalu mutlak, carilah gitar yang benar-benar nyaman dipakai oleh Anda. Bentuk gitar akustik itu bermacam-macam ada yang ukuran jumbo, sedang, dan kecil. Anda harus memilihnya agar Anda nyaman memainkannya.

Sebaiknya Anda cuci tangan terlebih dahulu sebelum bermain. Selanjutnya bersihkan juga senarnya setelah Anda benar-benar memutuskan untuk berhenti bermain. Ini untuk menjaga kekuatan senar gitar. Tanpa disadari saat kita bermain, minyak, atau kotoran yang ada di jari bisa mengotori  bagian bawah senar.

Kali pertama Anda melakukan latihan pasti akan mengeluhkan sakit di ujung jari. Tapi itu adalah sebuah hal normal dalam berlatih gitar. Bahkan jika terus menerus Anda berlatih, di ujung jari kita akan membentuk kapalan. Kapalan adalah penebalan yang terjadi pada permukaan kulit.  Itu juga merupakan hal yang normal. Setelah terus menerus bermain gitar, rasa sakit dan kapalan itu akan hilang dengan sendirinya.

Anda harus paham cara menyetel senar gitar Anda. Jika Anda belum mahir, ada sebuah alat yang bernama tuner untuk membantu untuk menyetel senar-senar gitar. Anda harus benar-benar mahir untuk yang ini karena jika senar dalam penyetelan tidak benar, maka suara gitar akan terdengar fals. Jika itu yang terjadi Anda akan gagal menjadi pemain gitar yang mahir.

Sebelum berlatih sebaiknya melakukan peregangan, dan pemanasan tangan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah jari Anda mengalami cedera saat berlatih.

Bagian ini biasanya yang paling membosankan. Anda harus paham dan mempelajari teori-teori musik. Teori akan membantu kita untuk mewujudkan keinginan menjadi pemain gitar yang handal. Bermain gitar sebetulnya kemungkinan bisa saja jadi bisa dengan hanya melihat orang lain bermain. Tapi sebetulnya teori music akan sangat membantu permainan gitar Anda, jika Anda benar-benar ingin menjadi pemain gitar professional.

Agar Anda lebih giat lagi berlatih gitar sebaiknya cari lagu kesenangan Anda, kemudian mainkan. Untuk chord lagu-lagu banyak sekali yang telah mengunduhnya ke internet. Anda juga bisa mencari di  laman YouTube teknik-teknik memainkan gitar akustik. Bahkan ada dalam bentuk tutorial sehingga dengan mudah bisa mengikuti langkah-langkah pelajaran diberikan dalam video tersebut.

Anda juga bisa menonton pertunjukkan konser agar lebih  mengenal permainan musisi idola Anda. Permainan dalam sebuah konser akan sangat berbeda dengan permainan mereka dalam rekaman di studio yang didengar melalui sebuh CD, atau dalam bentuk file digital lainnya.

Jika Anda ingin benar-benar ingin mahir bermain gitar sebaiknya beli buku tabulator gitar, plus dengan not-notnya pemain gitar favorit Anda. Dalam buku tersebut banyak tersimpan teknik gitar yang sebelumnya Anda tidak ketahui. Kemudian pelajarilah dengan tekun. Teknik-teknik itu akan memperkaya permainan gitar Anda.

Semoga paparan di atas bermanfaat. Selamat berlatih, dan semoga beruntung. (*)

One thought on “Cara Gitar Akustik

  1. Pingback: Cara Memainkan Gitar Akustik | yogaartup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one × 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>